3 Tips Menerobos Banjir Bagi Sepeda Motor Matik dan Bebek, Syarat dan Ketentuan Berlaku


Musim hujan merupakan musim yang menantang bagi para biker atau pengendara sepeda motor di Indonesia. Ketika musim hujan, jalanan di perkotaan hingga pedesaan kerap dilanda banjir. Mulai dari banjir setinggi mata kaki hingga ujung genteng.  


Penyebab banjir banyak faktornya, mulai dari kerusakan lingkungan, buruknya infrastruktur hingga kebiasaan buruk orang kita dalam membuang sampah. Hal yang saya kira telah banyak diketahui oleh banyak orang. 


Saya yang tinggal di kawasan Bandung Raya pun tak lepas dari ancaman banjir. Apalagi kawasan ini dilintasi oleh sungai terbesar di Jawa Barat bernama Citarum. Saya pun sudah sering dihadang banjir. Entah itu ketika berangkat kerja atau lainnya. Alhasil saya sering terlambat karena harus memutar jalan yang lebih jauh guna menghindari banjir.


Baca Juga: Tips Biar Ga Bosen Saat Berteduh Nunggu Hujan Reda


Akan tetapi jika banjir tak terlalu besar, saya kerap memberanikan diri untuk menerobosnya. Tentu hal ini dilakukan setelah menimbang segala kemungkinan termasuk risiko paling buruk yakni rusaknya sepeda motor milik saya. 


Pengalaman menerobos banjir dengan sepeda motor matik maupun bebek membuat saya menemukan sejumlah tips menerjang banjir dengan selamat. Tips ini ampuh dilakukan asal banjir yang hendak dilewati sesuai dengan syarat dan ketentuannya. Adapun syarat dan ketentuan adalah tinggi muka air tidak lebih dari 50 cm atau hampir sejajar dengan knalpot motor matic kiwari, bukan banjir rob, bukan banjir bandang, dan bukan banjir air mata. Berikut tips-tips tersebut:


Melaju di Belakang Mobil Besar

Pertama jangan asal terobos banjir. Lihat situasi dan persentasi motor yang berhasil melewati banjir. Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan sugesti bahwa Anda bisa melewati banjir tersebut. Keyakinan yang hakiki akan membuat Anda percaya diri ketika menerjang banjir dengan sepeda motor.


Setelah yakin, tunggu mobil besar yang akan melewati banjir. Mobil besar yang saya maksud type SUV, lebih bagus lagi kalau truk. Anda bisa mengikuti mobil besar tersebut. Bagian bumper mobil akan membelah banjir. Artinya Anda bisa melalui area atau lintasan yang muka airnya lebih rendah. Pastikan juga tidak ada mobil dari arah berlawanan. Pasalnya mobil tersebut bakal menyebabkan arus air yang bisa menghantam sepeda motor Anda. Alhasil bisa berujung sepeda motor mogok. 


Tuas Gas Jangan Sampai Kendor

Tips selanjutnya adalah pastikan Anda menarik gas secara konstan. Jangan sampai menarik gas dengan inkonsisten ketika menerjang banjir. Penarikan gas secara inkonsisten menimbulkan kemungkinan air masuk melalui knalpot. Jika hal ini terjadi dapat dipastikan sepeda motor Anda bakal mogok di tengah banjir. 


Untuk memudahkan penarikan tuas gas secara konsisten. Saya sarankan sambil menginjak atau menarik sedikit rem. Kemudian jangan pernah menerobos banjir ketika terjadi kemacetan. Hal ini sama saja mengorban sepeda motor Anda kepada banjir. 


Tutup Knalpot dengan Plastik

Terakhir tips ini paling aman untuk sepeda motor Anda. Risiko motor Anda rusak akibat menerobos banjir bisa diminimalisir. Dengan begitu Anda pun terhindar dari bengkaknya pengeluaran. 


Anda hanya perlu berbekal beberapa plastik. Boleh warna hitam atau bening. Bikin bulatan dari plastik tersebut, lalu sumpalkan ke mulut knalpot motor. Setelah itu, bungkus area luar kenalpot dengan plastik. Area ini menjadi penghalang pertama air sebelum masuk ke area lubang knlapot.


Cek dan pastikan plastik tersumpal sempurna di mulut knalpot. Anda tuntun motor untuk menerobos banjir. Jika sendiri tak sanggup, Anda bisa memanggil bocah-bocah di sekitar untuk mendorong motor Anda. Berilah anak-anak yang telah membantu Anda uang saku untuk jajan. 


Baca Juga: Tips Memilih Apartemen Bagi Kamu yang Merasa Anak Kota


Sesampainya di jalanan yang tidak banjir. Motor jangat langsung dinyalakan. Parkikan dulu dalam keadaan standar dua, angkat Bagian depan untuk memastikan tidak ada air yang masuk ke knalpot. Selanjutnta silahkan nyalakan kembali sepeda motor Anda. 


Saya harap tips ini bisa berguna bagi Anda yang terpaksa harus menerobos banjir. Ingat tips ini dianjurkan dipakai ketika terdesak. Langkah terbaik dan aman cari jalan memutar yang tak terkena banjir. 


Photo by Filip Bunkens on Unsplash


Share:

0 Comments