4 Kuliner Malam Kota Bandung Wajib Dicicipi

Kuliner Malam Kota Bandung Wajib Dicicipi./Photo by Dinul Hidayat from Pexels

Kota Bandung tak pernah kehabisan cara untuk memuaskan lidah warganya dan para pelancong. Mulai dari matahari terbit hingga langit menghitam Anda bisa dipuaskan dengan seabrek kuliner di kota ini. 

Kali ini saya akan memberitahu kalian, kuliner di Kota Bandung yang hanya bisa ditemukan di malam hari. Kuliner-kuliner tersebut berada di sekitar pusat kota. Tentu kuliner-kuliner ini menjadi solusi bagi Anda yang doyan ngemil atau lapar di malam hari.


Tak perlu berlama-lama lagi mari simak saja 4 kuliner malam Kota Bandung yang wajib dicicipi.  

 

1. Bacang Panas Braga

Kuliner pertama yang bisa menjadi menu pembuka adalah Bacang Panas Braga. Sebuah makanan yang terbuat dari beras ketan sebagai lapisan luar dan di dalamnya terdapat daging sapi. Namun Bacang Panas Braga tidak memakai potongan daging sapi, melainkan potongan gajih (lemak) sapi atau tetalan yang ditaburkan di tengahnya.


Lapak Bacang Panas Braga ini Berlokasi di Jalan Braga, tepatnya di depan Apotek Kimia Farma Braga atau di seberang bekas gedung De Majestic. Kabarnya Bacang Braga sudah di jajakan sejak 1989. Untuk harga kuliner ini dibanderol harga Rp10.000 per pcs. 


2. Warung Ceu Mar


Tak jauh dari lokasi Bacang Panas Braga terdapat Warung Ceu Mar. Sebuah warung makan yang menyediakan masakan khas Sunda. Lokasi Warung Ceu Mar berada di Jalan ABC. Warung Ceu Mar menyuguhkan konsep prasmanan. Kita tinggal ambil nasi dan lauk yang diinginkan. 


Selain soal rasa, ada hal selalu teringat ketika mendengar nama Warung Ceu Mar, yakni pemilik warung yang bernama Ceu Mar selalu memanggil kasep (ganteng) kepada para pelanggan lelaki. Hal ini kadang menjadi bodoran di tongkrongan, mun maneh hayang kasep datang we ka Warung Ceu Mar.


Kabarnya untuk masalah harga, warung ini cenderung fluakutif. Saya banyak menjumpai cerita bahwa dengan lauk yang sama tetapi beda hari kadang harganya pun jadi beda.     


3. Nasi Kalong


Rekomendasi kuliner ketiga yang Bisa Anda cicipi adalah Nasi Kalong. Tempt makan ini merupakan salah satu yang populer di Jalan LLRE Martadinata atau Jalan Riau. Nasi Kalong menyediakan berbagai makanan mulai dari olaham ayam, tumis-tumisan dan masih banyak lagi. 


Lapak satu ini berada di area parkiran sebuah gedung. Namun jika mengunjungi tempat satu ini kita harus menyiapkan kedalaman dompet yang cukup tebal. Untuk 2 lauk dan makanan pendamping bisa kena Rp50.000 lebih. Meski overprice untuk jajanan malam, tapi tetap layak dicoba dan direkomendasikan.

 

4. Perkedel Bondon 


Terakhir ini adalah kuliner legendaris yang digandrungi pecinta kuliner di Kota Bandung. Makanan ini cocok jadi teman ngemil sambil nonton bola atau teman nasi biar kenyang. Namanya adalah Perkedel Bondon. 


Perkedel Bondon hanya tersedia setelah jam 11 malam. Berlokasi di seberang Stasiun Kereta Api Bandung, Jalan Kebon Jati Bandung. Perkedel Bondon terbuat dari kentang dan digoreng dengan penggorengan arang. Perkedel Bondon kian nikmat saat dicocol sambal terasi pedas.


Perkedel Bondon ini memiliki cita rasa memikat meskipun kita tahu bahwa ini hanya sebuah perkedel. Keunikan dari Perkedel Bondon adalah setiap pembeli akan mengantre sesuai dengan nomor antrean masing-masing. Jika ingin mendapatkan antrean lebih cepat bisa berkonsultasi dengan tukang parkir di sekitar lokasi Perkedel Bondon. 


Demikian rekomendasi kuliner di Kota Bandung yang hanya tersedia di malam hari. Siap mencoba kuliner-kuliner ini?


Share:

0 Comments