Ulasan: ‘Logan Lucky’: Steven Soderbergh dan Kelompok Pencuri
Dalam film-film Amerika dan mungkin tidak hanya itu–̶ gagasan keberuntungan sering berfungsi sebagai eufemisme untuk menangkal pengaruh kelas. Di negeri pemenang dan pecundang, di mana kehidupan diakui tidak adil, kita sering menemukan kesalahan (hiburan) bukan dalam struktur sosial tetapi di aktor dan aktris.
“Logan Lucky,” film baru Steven Soderbergh yang menentang arus,
sangat menghibur–̶ film yang mengakhiri pensiun singkat dari penyutradaraan
layar lebar. Ini adalah kisah Robin Hood modern yang mengorganisir perampokan rumit,
secara kasat mata tidak mungkin tetapi anehnya masuk akal. Sebuah kelompok
pencuri yang terdiri dari seorang veteran terluka, mantan penambang batu bara
yang mengganggur, seorang penata rambut, dan anggota lainnya, bersengkongkol
untuk menjatuhkan event Nascar yang disponsori oleh Coca-cola. Acara ini menyedot
banyak uang dari orang-orang seperti mereka dan mereka benar-benar bertindak untuk
menyedotnya kembali.
Deskripsi itu mungkin membuat suara film lebih tajam. Namun
kesadaran kelas ala Soderbergh–̶ sesuatu yang sering muncul dalam karirnya, seperti
di Elin Brockovich, The Girlfriend Experience, Bubble dan
tentu saja dalam Magic Mike –̶ lebih bersifat atmosfer daripada terprogram.
Tidak ada seorang pun di “Logan Lucky” yang mengucapkan kata-kata politik,
tetapi latar belakangnya membawa muatan politik yang jelas dan signifikasi.
Orang-orang Logan yang dipermasalahkan adalah penduduk Virginia Barat yang
sombong, negara bagian yang di dunia nyata, berperilaku lebih jauh di atas demografisnya
dalam kepentingan partisan dan simbolis. Tanah mereka indah dan airnya
terkontaminasi. Lagu kebangsaan film itu adalah “Take Me Home, Country Road”
karya John Denver, lagu yang menceritakan sebuah bukit yang indah, jika pernah
ada.
Jimmy Logan (Channing Tatum) memainkan lagu itu untuk
putrinya yang masih kecil, Sadie (Farah Mackenzie), ketika mereka memperbaiki
truk pick-upnya, tahu bahwa keaslian lagu itu dipertanyakan. Dua penulis yang
dikreditkan, katanya, mungkin belum pernah ke Virginia Barat ketika mereka
menyanyikan keindahan lembah dan sungai. (“Logan Lucky,” mungkin harus
ditunjukan sebagian besar lembah di Georgia.) Tetapi Jimmy juga tahu bahwa
budaya populer dapat membawa spora sentimen asli, dan Sodenbergh menunjukan
keyakinan yang sama terhadap produk-produk kotor Amerika. Seorang siswa film
yang mendapatkan inspirasinya di sini kurang dari realisme suram, suram dari
New Hollywood 70-an daripada hibrida genre populis waktu–̶ dekade itu. Jika
seri “Ocean” mewakili pembaruan dari Rat Pack era Kennedy, maka ”Logan Lucky”
menghidupkan kembali pesona penjahat yang menghebohkan dari “Smokey and TheBandit.”
Bukan berarti film ini terasa seperti kemunduran. Tatum sekitar
10 kali lebih seksi daripada Burt Reynolds, dan sekitar sepersepuluh sia-sia.
Sejak kemunculannya di layar kaca (dalam “Step Up” dan A Guide to Recognizing
Your Saint”), sudah jelas bahwa dia adalah pemain yang karismatik, tetapi
sekarang semakin jelas bahwa dia juga seorang aktor yang hebat. Saya pikir daya
tariknya berhubungan dengan kualitasnya dalam menyampaikan ironi dan ketulusan
dalam setiap gerakan sederhana tanpa paksaan.
Baca juga: Larut Dalam Sebuah Film Drama
Jimmy yang pernah menjadi bintang football sewaktu sekolah menengah atas belum cukup pasrah dengan kehidupannya dengan kaki yang pincang. Diberhentikan dari pekerjaan kontruksi di North Carolina, ia kembali ke rumah untuk mendapati bahwa mantan istrinya (Katie Holmes) dan suaminya penjual mobil (David Denman) berencana untuk pindah dari Virginia Barat bersama Sadie. Kakak Jimmy, Clyde (Adam Drive) seorang bartender yang kehilangan tangan di Irak, mengira keluarganya dikutuk. Jimmy tidak membagikan takhayul ini, dan dalam hal apa pun, ia memiliki rencana, atau setidaknya daftar cara untuk merampok bank yang ia putuskan untuk beradaptasi dengan keadaan baru.
Seperti Danny Ocean dari George Clooney, pertama-tama ia perlu
mengumpulkan kru. Dimulai dengan Clyde dan saudara perempuan mereka, Mellie (Riley
Keough), Jimmy memanfaatkan jaringan kekerabatan lainnya, merekrut seorang ahli
bahan peledak bernama Joe Bang (Daniel Craig) dan dua saudara lelakinya (Jack
Quaid dan Brian Gleeson). Itu tidak semua orang, tetapi ada sejumlah kejutan
kecil ketika adegan di toko, tapi saya tidak ingin memberitahunya.
Bukan berati plot itu adalah sesuatu yang menggentarkan. “Logan Lucky” kurang lebih sama seperti “Ocean” membuat lelucon tentang itu-itu saja. Siapa peduli? Kenikmatan genre heist (perampokan) selalu prosedural dan spesifik. Film-film ini semuanya sama, tetapi juga selalu berbeda karena campuran kepribadian dan keadaan tertentu. Apa yang mereka rayakan di atas segalanya adalah kombinasi antara keahlian, perencanaan, dan kecerdikan dalam memecahkan masalah yang dapat mengubah pekerjaan menjadi karya seni. Dengan kata lain, film klasik yang mencerminkan tantangan kolaboratif dan kemenangan logistik dari siklus produksi.
Untuk alasan itu, film perampokan yang baik dapat menjadi titikmanis di mana kenyataan dan fantasi bertemu. Mesin naratif yang satu ini bekerja dengan baik, kadang-kadang berakselerasi menjadi lelucon, biasanya ketika Tuan Craig muncul, memakai tato leher, rambut runcing yang diputihkan, dan aksen yang terdengar seperti hasil dari lidah yang terkilir parah. (Dialek-dialek itu ada si seluruh negara bagian, tapi jangan terlalu terpaku pada keaslian)
Baca Juga: Ulasan Film Room
Soderbergh tidak pernah cepat melewati tikungan dan
gundukan. Dia menurunkan dan menarik ke atas bahu, membiarkan cerita mengurus
dirinya sendiri sementara penonton menikmati kesenangan yang kadang-kadang
lucu, kadang-kadang frustasi, kadang-kadang menyedihkan dari sejumlah tokoh. Pada
saat kamu menjumpai Hilari Swank seorang agen F.B.I, atau mengetahui bahwa minuman
energi itu berasal dari Inggris dan menilai bahwa yang mengjengkelkan dan satu-satunya
karakter yang benar-benar jahat adalah Seth MacFarlane. Kamu merasa seperti seorang
penggila reuni keluarga yang bertahan cukup lama untuk diangkat menjadi sepupu
kedua.
Dari tiga film yang dirilis musim panas ini yang secara
sadar mengaktifkan kembali mitologi penjahat sekolah tua–̶yang lain adalah “Baby
Driver” dari Edgar Wright dan “Good Time” karya Josh dan Benny Safdie–̶ yang
terbaik untuk dikatakan dan paling tidak dibuktikan. Sementara divisi lain secara
agresif mempromosikan kesenangan mereka sendiri, memamerkan sikap meminjam, menunjukan
gaya yang sesuai, Soderbergh bersuka ria dalam kotaknya dalam kepercayaan diri
yang longgar, menyamarkan penguasaannya. “Logan Lucky” adalah film yang hebat.
Itu masalah keterampilan dan mungkin juga keberuntungan. Tapi kebanyakan soal
kemurahan hati.
Logan Lucky: NYT Critic Pick
Sutradara: Steven Soderbergh
Penulis: Rebecca Blunt
Pemain: Channing Tatum, Adam Driver, Daniel Craig, Farrah
Mackenzie, Jim O’Heir
Rating: PG-13
Durasi 1 jam 58 menit
Genre: Komedi, Kriminal, Dram
Dialihbahasakan dari Review:’Logan Lucky’: Steven Soderberhand His Motley Band of Thieves, ulasan film yang tayang di The New York Times ditulis oleh A.O. Scott
5 Comments
Nonton ini pas masih SMA. Tipe Steven Soderbergh memang seperti ini, pace yang tidak cepat tapi penuh rencana, berkaca dari franchise Oceans Eleven yang keren itu. Film terbarunya yang ada di Netflix belum saya tonton, katanya B aja
ReplyDeleteIni lambat penuh kejutan. Saya suka tipikal kaya gini. Film terbarunya apa mas?
DeleteItu tuh yang The Laundromat, film tentang Panama Papers
DeleteSepertiny seru sekali, jadi ingin lihat filmnyaaa 😁
ReplyDeleteSilahkan ditonton, salah satu film yang saya rekomendasikan
Delete