Aplikasi SIKASEP, Solusi Mencari Rumah Tanpa Keluar Rumah

Foto Perumahan Subsidi | PPDPP.id

Pergulatan masyarakat dalam mendapatkan rumah bersubdisi tidaklah mudah. Mulai dari blusukan dari satu kawasan ke kawasan lain untuk mencari rumah sesuai keinginan hingga pengurusan pengajuan subsidi KPR.

Namun hal ini tidak bisa dilakukan secara leluasa lagi karena kondisi pagebluk covid-19, membuat ruang gerak masyarakat jadi terbatas. Pasalnya pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSSB) dan menghimbau masyarakat untuk berkegiatan di rumah saja guna memutus mata rantai penyebaran covid-19.  

Maka dari itu salah satu solusi untuk mencari rumah di tengah pagebluk covid-19 yakni melalui ranah digital. Namun hal ini bukan tanpa hambatan, seringkali masyarakat malah dilanda kebingungan lantaran mendapatkan informasi tidak lengkap terkait rumah yang diinginkan. Baik dari segi informasi bangunan, alamat hingga proses pengajuan subsidi KPR ke Bank.

Maka dari itu perlu sebuah platfrom digital berbasis aplikasi yang menjadi solusi efektif dan efisien untuk menjawabnya. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) untuk memudahkan masyarakat memiliki rumah idaman lewat genggaman.

Aplikasi SiKasep diluncurkan pada akhir Desember 2019 dan mulai diberlakukan pada awal 2020. Lewat aplikasi ini pemerintah dapat memaksimalkan penyaluran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Aplikasi SiKasep merupakan salah satu nawacita pemerintah dalam mencanangkan program sejuta rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Tentu hal ini selaras dengan amanat Undang-undang Dasar 1945 Pasal 28 H yang menyebutkan bahwa negara bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi setiap warga.

SiKasep memiliki konsep big data terkait informasi backlog perumahan yang lebih akurat dan update dan informasi terkait dengan kesediaan rumah. Selain itu pengguna SiKasep dapat akan terhubung dengan pemerintah, bank pelaksana dan pengembangan secara host to host. Secara keamanan aplikasi ini sudah terjamin karena telah disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).  

Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin mengutarakan bahwa SiKasep dibuat supaya masyarakat bisa memilih rumah sendiri dengen proses yang transparan. Semua pengembang yang tergabung dalam SiKasep telah terdaftar di sistem registrasi pengembang, jadi masyarakat terhindar dari penipuan.

Berdasarkan laman PPDPP, per April 2020 ada 8.782 lokasi perumahan yang dibangun 5.987 pengembang dari anggota 19 asosiasi perumahan yang tercantum dalam SiKasep. Sementara itu masyarakat dapat memilih bank pelaksana sesuai dengan yang diinginkan, saat ini terdapat 37 bank pelaksana KPR subsidi FLPP yang terdiri dari 10 bank nasional dan 27 Bank Pembangunan Daerah (BPD), baik konvensional maupun syariah.

Antusiame masyarakat menggunakan aplikasi ini tergolong besar. Sebagaimana laporan data Management Control PPDPP per 4 April 2020 mencapai 170.782 pengguna terdaftar sebagai calon debitur. Sejumlah 55.702 pengguna dinyatakan lolos subsidi cheking, sementara 54.266 pengguna sedang dalam proses verifikasi bank pelaksana. Daftar ini akan terus bertambah setiap harinya. 

Cara Menggunakan Aplikasi SiKasep

Aplikasi SiKasep dapat digunakan pada smartphone berbasis android. Berikut cara menggunakan aplikasi SiKasep untuk mencari rumah tanpa keluar rumah.

  1. Pertama pastikan aplikasi SiKasep sudah terinstal di smartphone. Kalau belum silahkan instal di playstore atau scan QR code SiKasep.
  2. Langkah kedua, buka aplikasi SiKasep lalu klik daftar. Isi data diri berupa nama, kata sandi, nomor KTP, nomor NPWP, dan sebagainya. Pada tahap ini pengguna diminta untuk mengupload foto diri dan KTP pengguna. Jika sudah, login kembali dengan memasukan nomor KTP dan kata sandi.
  3. Pasca pendaftaran berhasil, pengguna bisa langsung mencari rumah yang diinginkan berdasarkan lokasi (provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan). Nantinya pengguna dapat melihat informasi terkait nama pengembang, perumahan, alamat dan unit rumah. Jika lokasi perumahan subsidi tidak ditemukan, aplikasi akan mengarahkan pengguna menuju lokasi lain.  
  4. Apabila pengguna sudah menemukan lokasi perumahan yang diinginkan maka pengguna dapat memilih bank pelaksana penyalur KPR FLPP yang diinginkan.
  5. Setelah itu, pengguna dapat meninjau status pengajuan KPR di menu “Cek Status Pengajuan KPR”. Pada menu ini pengguna dapat melihat 6 status dimulai dari terdaftar, proses pengajuan subsidi checking, lolos tahap subsidi cheking, proses pengajuan verifikasi bank, lolos verifikasi bank dan proses pengajuan dana FLPP oleh bank.
  6. Apabila penguna lolos pada tahap verifikasi, maka akan dihubungin oleh bank KPR FLPP untuk menindaklanjuti proses yang diajukan dan melakukan proses permohonan pencarian dana FLPP kepada PPDPP.
  7. Setelah itu, pengguna telah berhak untuk memiliki rumah subdisi idaman yang langsung dipilih dari genggaman.  

***

SiKasep merupakan inovasi dari anak bangsa sebagai salah satu upaya menghadirkan perumahan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Oleh karena itu kini semua orang dapat memiliki rumah idaman dengan sentuhan jari-jemari melalui gawai masing-masing. Karena ini saatnya mencari rumah tanpa harus keluar rumah dengan aplikasi SiKasep. 

#1dekadeFLPP

#KaryaTulisSiKasep

#DBLKaryaTulisSiKasep


Share:

4 Comments

  1. Pas udah nemu rumahnya ternyata keueung soalnya cuma sendirian. SiKasep kudu diimbangi dengan si cantik ini mah.

    ReplyDelete
  2. SiCantik cari pasangan tanpa keluar rumah biar bisa serumah.

    ReplyDelete
  3. Kirain aku SiKasep itu pasangan nya SiGeulis, ternyata aplikasi untuk mencari perumahan bersubsidi dari pemerintah ya. Bagus sekali kalo dapat rumahnya soalnya harga rumah sekarang mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini salah satu bentuk kepedulian pemerintah akan masyarakat yang belum punya rumah. Apalagi tahu sendiri rumah tanpa subsidi mahalnya minta ampun, bikin geleng².

      Delete