Apa yang Harus Dipersiapkan Untuk Bangun Usaha Jasa Berbasis Daring?

Photo by Austin Distel on Unsplah
Kamu tengah memikirkan bisnis apa yang ingin digeluti ketika pandemi ini berakhir? Mungkin bisnis jual jasa online bisa jadi salah satu opsi yang harus kamu pertimbangkan. Bisnis ini boleh dikatakan modal dengkul kuota internet plus kemampuan yang telah kamu miliki.

Intinya adalah kamu menjual jasa sesuai dengan skill yang kamu miliki. Misalnya kamu adalah orang yang memiliki kemampuan editing video animasi, ilustrator komik. Kamu bisa menawarkan jasa itu secara daring siapa tahu ada yang minat menggunakan jasamu. 

Bisnis jasa secara daring di Indonesia tengah merangkak naik. Salah satu penandanya mulai banyak aplikasi berbasis market place yang menjual beragam jasa. Market satu ini tak jauh berbeda daripada market place produk (barang) yang sudah kamu ketahui, yakni mempertemukan penjual dengan pembeli secara daring. Outputnya saja yang berbeda. 

Namun untuk sebagai pebisnis jasa yang handal setidaknya kamu secara bertahap harus mulai menjajaki tiga hal ini. Lantaran tiga hal ini bisa menjadi dasar yang kuat agar bisnis jasa yang kamu tawarkan berjalan dengan baik dan berjangka panjaaaaaaaaaaaaangggggggggggg.  

Personal Branding
Personal branding adalah bagaimana kamu membangun dan mempromosikan diri kamu di mata pangsa pasar. Kesuksesan personal branding akan berdampak pada meningkat karir dan keuanganmu. Langkah yang bisa diterapkan untuk membangun personal branding, adalah citrakan apa yang kamu hendak sasar. Mulai dari sosial media, bangun website berisi portofolio pekerjaanmu, bagikan konten-konten yang sesuai dengan branding kamu.

Terbangunnya personel branding kuat dapat mempermudah jalur distribusi jasanya entah itu nantinya berupa karya atau produk tertentu. Dengan hal ini juga kamu tengah membuka peluang untuk menggaet brand-brand yang sudah ternama. Jadi jangan lupakan untuk bangun personal brandingmu yah.

Relasi Daring
Salah satu kunci sukses berbisnis jual jasa online adalah terbangunnya relasi yang baik antara si penyedia jasa dengan pengguna jasa. Pasalnya bisnis yang baik adalah yang bisa berjalan jangka panjang. Kepuasan konsumen haruslah dijaga karena itu adalah asetmu. Tak lupa juga kamu membangun hubungan baik dengan orang yang berprosesi sama. Bangun kolaborasi dengannya, karena dengan begitu jaringan kamu akan meluas dan nama dan karya akan ikut terangkat.

Patut diingat bahwa pintu masuk rezeki yang lancar adalah silaturahmi. Maka perbanyak juga silaturahmi virtual / relasi daring. Sebab mungkin saya teman seprofesimu punya project besar yang bisa digarap bersama-sama. 

Inovasi
Kamu harus percaya bahwa kemampuan yang dimiliki sekarang bukanlah hal yang istimewa. Ada satu juta lima ratus ribu orang yang memiliki kemampuan serupa dan mungkin lebih ahli. Tak percaya dan miliki waktu luang silahkan data sendiri. Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk memilki inovasi sebagai pembeda.

Inovasi dalam mengemas kemampuan yang kamu miliki bisa menjadi value yang bagus sebagai daya jualnya. Semisalnya inovasi pengolahan data untuk keperluan pelaporan analisa penggajian karyawan yang dilakukan payroll service Indonesia. Jasa yang mereka tawarkan menjadi solusi bagi pengusaha bisnis online yang mulai berkembang dan sudah memiliki banyak karyawan. Perlu diingat untuk tidak pernah membatasi ruang inovasi. Bebas, lepas seperti kata Iwa K.

Bisnis ini tentu bisa dilakukan oleh siapa saja, baik mereka yang sudah memilki pekerjaan tetap atau pun yang masih berstatus wirausaha. Yang penting kamu harus bisa manajemen waktu dan pekerjaan agar tidak keteteran.  

Semoga artikel yang telah saya tulis mengenai Apa yang Harus Dipersiapkan Untuk Bangun Usaha Jasa Berbasis Daring, bisa memberikan secercah cahaya terang bagi kamu yang tengah bingung dalam memilih bisnis yang tepat. Sampai jumpa di artikel lainnya yang lebih ngehe lagi.


.

.

Share:

0 Comments